Alasan Mengganti Lampu Pijar dengan LED

Halo sobat, inilah " Alasan Mengganti Lampu Pijar dengan LED lengkap dengan gambar dan foto ". rumah-sederhana.com adalah solusi kamu jika bingung mencari referensi model rumah, info harga tanah, info rumah di jual yang murah dan tentunya nyaman.

Selain itu kamu bisa membaca artikel tentang cara membuat, desain rumah terbaru, kerajinan tangan, model ruangan, warna kombinasi, memadukan, dekorasi, dan ruangan minimalis.

Atau kamu bisa membaca artikel kemarin yang berjudul " Ruang Tamu Dengan Suasana Cafe "

Baca artikel : Alasan Mengganti Lampu Pijar dengan LED

gambar lampu LED

gambar lampu LED

Kenaikan tarif listrik akhir – akhir ini membuat banyak orang pusing dan berpikir untuk melakukan efisiensi┬ápemakaian listrik di rumah. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat penggunaan listrik di rumah. Salah satunya adalah dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED yang lebih hemat listrik dan lebih ramah lingkungan.

Lampu LED atau Light-Emitting Diode kini dapat menjadi alternatif untuk menggnati lampu pijar yang memakan banyak energi listrik. Selain hemat, lampu ini juga tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Tak hanya itu, masih banyak keunggulan dari lampu LED ini dibanding dengna lampu-lampu lainnya. Seperti apa? Ini dia keempat alasan mengapa sebaiknya ganti lampu pijar dengan lampu LED.

1. Tidak panas dan hemat listrik

Berbeda dengan lampu pijar. LED tidak mengandung merkuri yang menghantarkan panas ke seantero ruangan ketika dinyalakan. Sehingga pemakainan energi untuk AC (pendingin ruangan) dapat diminimalisir dan malah bisa dimatikan.

2. Awet dan tahan lama

Lampu LED tidak mudah rusak atau pecah seperti yang biasa terjadi pada lampu pijar. Lampu ini merupakan jenis solid-state lighting (SSL), yang berarti lampu terdiri dari kumpulan LED. Sehingga tidak mudah rusak bila lampu terjatuh atau bohlamnya pecah.

Daya wattnya juga termasuk rendah. Hanya dengan 3 watt saja cahaya yang dihasilkan sudah cukup terang. Lampu LED mampu bertahan antara 30.000 hingga 100.000 jam untuk satu buah lampu. Lebih awet dibanding lampu biasa lainnya.

3. Praktis digunakan

Lampu LED juga terbilang praktis terutama saat listrik padam. Lampu ini bisa menjadi lampu darurat. Cukup sambungkan pada aki kering, lampu pun akan menyala kembali. Jika aki habis, isi ulang dengan charger accu .

4. Modelnya yang lebih bervariasi

Dari segi estetika, lampu LED tidak kalah cantik dengan lampu flourescent atau lampu pijar. LED kini hadir beragam di pasaran. Peruntukkannya bisa untuk interior atau eksterior. Adapula LED dengan sistem dimmer ; yaitu menampilkan pergantian warna yang indah. FYI , LED dapat menghasilkan cahaya warna lebih banyak dibandingkan dengan lampu lainnya.

Meski harga lampu LED masih tergolong mahal, sifatnya yang tahan lama malah bisa membuat Anda lebih berhemat. Terutama menghemat anggaran listrik bulanan.

Baca juga :

Alasan Mengganti Lampu Pijar dengan LED yang lengkap, mudah dan murah

cara membuat lampu aquarium dari barang bekas, modellampudaripvc, buat lampu jalan dari pipa pvc, buat lampu jalan rumah, cara membuat lampu aquarium